Kamis, 18 November 2010

NYONTEK SERU

Nyontek sudah bukan menjadi ha lasing bagi semua orang. Khususnya di kalangan pelajar, nyontek sudah menjadi hal biasa dalam ulangan, tugas dan bahkan PR. Saya sendiri suka nyontek. Suka banget. Nggak tau kenapa pada awalnya dan berawal sejak kapan, sampai sekarang saya pun sering nyontek. Nyontek itu asyik kali! Mungkin sebagian orang yang “PINTAR” menganggap statement saya diatas adalah BODOH dan KONYOL.

Sebodo amat orang mau berpikir apa dengan statement saya diatas. Tapi yang saya rasain ya begitu. Kadang nyontek itu asyik juga, tapi kadang atau sering juga bikin bete karena di produsen contekan pelitnya minta ampun. Arti nyontek, gak perlu dijelasin. Secara umum semua udah tau bahwa nyontek itu –khususnya dalam belajar- perilaku melihat atau mencopy jawaban orang lain. Dan guru-guru berkata,”Anak-anak, jangan nyontek ya. Kerjakan sendiri-sendiri semampunya!” Bagi gua, seberbusa apapun guru berkata seperti itu, penyakit nyontek nggak akan mudah diilangin. Bahkan mungkin tidak bisa karena nyontek sudah seperti bagian dari budaya siswa.

Jelas tidak ada efek dari omongan,”Anak-anak jangan mencontek ya. Kerjakan sendiri-sendiri semampunya!” Lihat aja, seberusaha apapun siswa untuk tidak mencontek –kecuali jika dia belajar ketat malamnya-, kalo hasilnya jelek, guru kan bakal tetep berkicau dengan “merdunya”. Andai saja peringatan diatas diimbangi dengan melunaknya sikap guru pada siswa jika melihat siswa mendapat nilai jelek. Paling enggak,”Nilainya perlu ditingkatkan lagi ya. Ini sudah cukup bagus. Ibu/Bapak hargai usaha kamu.” Kedengerannya pasti lebih enak dan adem. Nah, jadi bisa disimpulkan bahwa salah satu faktor nyontek adalah karena takut semprotan dari guru dan orang tua jika dapat nilai jelek.

Yang kedua, kenapa nyontek udah menjadi seperti budaya di kalangan para siswa adalah karena kurangnya waktu belajar siswa. Liat aja, kebanyakan dari kita mulai erani nyontek mulai SMP atau SMA. Bandingkan dengan anak SD yang jarang atau bahkan tidak pernah nyontek karena mungkin mereka belom mengerti apa itu nyontek. Atau hal lain, mereka masih sangat patuh dan takut sama gurunya sehingga belom cukup berani untuk nyontek. Siswa SMP dan SMA mempunyai kegiatan yang lebihbanyak dari siswa SD. Contohnya ekskul. Saya ikut ekskul. Hispetika namannya. Mungkin anak lain ada yang ikut klub kimia, biologi, basket, futsal dll. Itu membuat mereka terlalu banyak aktivitas diluar dan capek pada malam hari sehingga waktu belajar sedikit dan sebagian tidak sempat mengerjakan PR. Ketika pagi hari, mereka datang ke sekolah dan….NYONTEK. Itulah yang terjadi pada saya dan mungkin sebagian dari teman saya juga merasakan hal yang sama.

Serada males kadang-kadang liat orang yang pelit akan contekan. Terkadang ada orang pintar yang bilang,“NYONTEK ITU DILARANG. HARUS KERJAIN SENDIRI!“
Tapi gua bukannya malah mikir tapi malah berkata dalam hati,“Ah muna lo coy! Fuckin lah kalo elo juga pasti pernah nyontek walaupun itu sedikit. Dan perasaan mau nyontek pasti ada!“ Tapi semangat liat orang yang bisa diajak kerja sama dalam mencontek menggebu-gebu.

Mencontek itu terkadang menjadi satu tantangan bagi gua dan mungkin siswa lain. Kita ambil contoh waktu ujian tengah semester atau ulangan akhir semester. Wow! Bayangin kalo tiba-tiba dapet pengawas yang udah kayak pawang harimau yang bawa cambuk dengan senyum menusuk dan kata-kata yang pedas. Wow nyontek bakal jadi tantangan seru. Nyontek bakal jadi hal yang sangat sulit buat dilakukan dan semua siswa bakal cari cara sebisa apapun untuk tidak ketahuan mencontek. Tapi kalo udah,”DOR! KENAPA KAMU LIAT JAWABAN TEMAN KAMU!!!?” itu bakalan jadi hal yang mungkin lucu dan menjadi bahan banyolan diantara para siswa sampai nanti pulang sekolah. Mungkin gertakan hany satu atau dua kali, tapi ketwa setelah ujiannya bisa sampe besok. Pasti habis itu banyak orang yang sharing gimana caranya nyontek dengan serunya dan ngebahas kejadian ketauan nyontek dengan ketawa-ketawanya.

Pernahkah Anda berpikir kalo nyontek juga bisa menjadi pengalaman berkesan selama massa sekolah???

2 komentar:

  1. apaan nih?sori gw ga pernah nyonyek yah
    hahahha

    BalasHapus
  2. apa ijal gak pernah nyontek??? kaya gua aja pinter gak pernah nyontek udaH PINTER GUA GANTENG LAGI aduuuh lengkap amat ya

    BalasHapus